Pengertian Susu, Jenis, Proses, dan Sebab Akibatnya

8 comments
Susu

"Salam hangat untuk semua. lama tak jumpa.. ^_^"
Susu bila dilihat sekilas memang semuanya sama-sama berwarna putih tapi ada banyak perbedaan dalam pembagian jenis susu. Ada susu murni (whole milk), susu kurang lemak (reduced fat milk), susu rendah lemak (low fat milk), dan susu bebas lemak (free-fat Milk) atau susu skim (skim milk), kaya kalsium, dan juga non laktosa( tidak memiliki kandungan gula). Dari segi penyiapannya sampai siap diminum, ada susu bubuk yang harus ditambahkan dengan air hangat, susu cair siap minum, susu kental yang harus dicampur air. Ada juga susu cair yang bisa dibiarkan saja di suhu ruangan, sementara yang lainnya harus disimpan di lemari es. Susu murni harus mengandung sekurang-kurangnya 3,25% dari lemak susu dan 8,25% padatan susu bukan lemak (protein, karbohidrat, vitamin larut air, dan mineral). Penambahan vitamin A dan D pada susu ini bersifat fakultatif

Susu didapat dari :
  1. Hewan ternak perahan, seperti sapi, kerbau, kambing, domba, dan kuda. Dan,
  2. Kacang-kacangan yaitu Kacang Kedelai. Jika kita tahu namanya susu kedelai.


Jenis Susu Dibagi Menjadi :
    • Susu Segar (Fresh Milk)
Susu segar dihasilkan dari hewan ternak perahan, seperti sapi, kerbau, kambing,domba, dan kuda yang sehat dan tidak tercampur kolostrum. Susu segar tidakmengandung tambahan air, bahan tambahan pangan dan antibiotik, dan belummengalami perubahan warna, bau, serta kekentalan. Susu segar paling lezat karenaasam lemak susunya belum rusak akibat proses pengawetan. Susu segar yang akandiminum langsung sebaiknya dipanaskan (tidak dididihkan agar emulsi susu tidakpecah) hingga mencapai suhu 70oC selama 5 - 10 menit


  • Susu Bubuk.
Susu BubukSusu bubuk sering digunakan dalam membuat kue, dalam resep-resep yang adonannya akan terlalu cair bila digunakan susu cair. Susu bubuk juga sering ditemukan dalam bantuan pangan PBB, di tempat-tempat penampungan pengungsi, gudang-gudang serta tempat-tempat lainnya di mana susu segar sulit digunakan. Susu bubuk tanpa lemak yang dibuat dengan cara pengeringan atau spray dryer untuk menghilangkan sebagian air dan lemak tetapi masih mengandung laktosa, protein, mineral, vitamin yang larut lemak, dan vitamin yang larut air (B12). Susu bubuk paling disukai karena  kemudahan penyimpanannya, harga ekonomis dikarenakan daya tahan susu bubuk. Beberapa produsen susu sering kali menambahkan zat gizi tertentu seperti vitamin dan mineral agar kualitas nutrisinya lebih baik. Khusus susu formula bayi, penambahan zat gizi harus memenuhi standar tertentu sehingga bisa mendekati kualitas ASI.
  • Susu Pasteurisasi
Merupakan susu segar yang mengalami proses pemanasan 72oC selama 15 detik dengan tujuan membunuh organisme merugikan, seperti bakteri, virus, dan protozoa. Pasteurisasi hanya mampu menghambat pertumbuhan spora tapi tidak dapat mematikan sporanya, terutama spora bakteri yang bersifat termoresisten alias tahan terhadap suhu tinggi. Karena hanya mengalami proses pemanasan, jenis susu ini perlu disimpan dalam lemari pendingin bersuhu 5 - 6oC dan hanya bisa disimpan selama 2 minggu. Jika kemasan dibuka dengan suhu ruangan tahan sekitar 16 Jam.

Susu Pasteurisasi
  • Susu Homogenisasi
susu pasteurisasi Merupakan susu pasteurisasi yang kemudian diproses lagi dengan tekanan tinggi sehingga butiran-butiran lemaknya menjadi lebih halus. Dengan cara ini bila susu disimpan, lemak tidak lagi mengapung di permukaan. Susu homogenisasi perlu disimpan di lemari pendingin supaya tidak cepat rusak.

  • Susu UHT (Ultra High Temperature)
UHT adalah susu yang disterilisasi dengan suhu tinggi (135-145 derajat Celcius) dalam waktu yang singkat selama 2-5 detik. Pemanasan dengan suhu tinggi ini bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisma (baik bakteri pembusuk maupun patogen) dan spora. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu segar. Susu UHT lebih tahan lama - hingga 10 bulan - dan tak perlu disimpan di lemari pendingin, kecuali bila kemasannya sudah dibuka.

Apakah SUSU UHT baik untuk tubuh..?

Saya dapat kutipan cerita ini dan sudah saya simplekan, dari :
@a_rahmathidayat  ,& #cerewetASI
Seperti yang dijelaskan sebelumnya. UHT adalah Pemanasan dengan suhu tinggi bertujuan untuk membunuh seluruh mikroorganisme (baik pembusuk maupun patogen) dan spora. Pemanasan ini untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk dapatkan warna,aroma dan rasa yang relatif tidak berubah seperti susu. Itu kenapa dgn kemasan yg sangat baik susu UHT bisa tahan 6-10 bulan tanpa bahan pengawet dan tidak perlu dimasukkan ke lemari pendingin. Dan begitu dibuka, pasti harus langsung dihabiskan, karena sudah tercampur bakteri dan bisa cepet busuk. Terus apa yang salah dengan proses itu? Kan prosesnya baik banget,higienis hampir tanpa campur tangan manusia? Iyes, bener…susu UHT memang sangat higienis karena bebas dari seluruh mikroba penyebab pembusu. Tapi justru disini anehnya. Jadi gini..Alam sebenarnya sudah memberi ENZIM pada semua makanan mentah dan hidup, termasuk di dalam. Beberapa enzim emang bertugas untuk membuat makanan tersebut membusuk dengan sendirinya,dan ini adalah proses.  Sayuran dan buah kalo dibiarikan saja pasti akan membusuk. Buah yang matang dari pohon kalo ga dipetik pasti akan jatuh ke tanah. Nah, makanan/minuman yang membusuk/basi itu menandakan bahwa makanan/minuman itu HIDUP. Jika Enzim pembuat busuknya udah enggak ada berarti apa dong? Berarti itu makanan/minuman MATI. Coba dibayangin, makhluk hidup mana yang engga mati dibawah pemanasan 135-145 derajat? Itu udah diatas titik didih loh.. Susu walau kurang cocok untuk manusia  masih dilengkapi dengan enzim laktase untuk membantu. Digabung dengann enzim laktase bawaan manusia, kombinasi keduanya bisa sedikit bantu 'melawan' kondisi susu tidak ideal untuk manusia. Enzime itu punya sifat buruk, mereka tidak tahan dengan suhu di atas 45-50 derajat.”
  •  Susu Evaporated (Susu Kental)

Susu ini dihasilkan dengan penguapan hingga cairan susu menguap dan menjadi pekat. Selama prosesnya ada beberapa vitamin yang rusak, terutama vitamin D sehingga perlu penambahan vitamin A, D, dan E. Susu yang dikenal juga sebagai susu kental manis ini kandungan gulanya memang amat tinggi dan memang tidak ditujukan untuk pemenuhan gizi seimbang melainkan lebih banyak digunakan sebagai campuran bahan masakan.
  •  Susu Skim dan Susu Krim (full cream

Susu skim adalah susu segar yang tertinggal setelah kandungan krimnya diambil sebagian atau seluruhnya. Kandungan zat gizinya sama dengan susu segar, kecuali lemak dan vitamin yang larut dalam lemak. Sedangkan susu krim (full cream) adalah susu segar yang kaya akan lemak. Susu krim ini muncul ke permukaan pada saat susu didiamkan atau saat dilakukan pemisahan.

  •  Susu Kedelai
Susu KedelaiLaktosa ada di dalam kandungan susu, dan merupakan 2-8 persen bobot susu keseluruhan.  diidentifikasi sebagai gula pada tahun 1780. Protein susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Malahan kandungan asam lemak jenuhnya lebih rendah daripada susu sapi sehingga nonkolesterol. Ada beberapa orang yang mengalami intoleransi laktosa, mengalami gejala-gejala seperti kembung, kram perut atau diare setelah minum susu sapi. Untuk mereka maka dianjurkan minum susu non-laktosa, misalnya susu kedelai.  


Mengapa susu baik untuk dikonsumsi? Ada beberapa hal yang perlu diketahui :
  • Susu mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi yang mudah diserap tubuh. Dengan mengonsumsi susu kita mendapat asupan kalsium yang paling mudah dicerna. Selain itu juga kita mendapatkan zat besi, protein, mineral, dan vitamin untuk tubuh.
  • Susu kaya akan laktosa yang diperlukan untuk perkembangan otak di 2 tahun pertama kehidupan dan sebagai salah satu sumber energi.  Laktosa adalah gula yang hanya terkandung dalam susu.
  • Berdasarkan hasil riset di Eropa, anak yang mengonsumsi susu mempunyai postur tubuh lebih tinggi dibanding anak yang tidak mengonsumsi susu terkait dengan kandungan IGF-1(Insulin Growth Factor – 1)

“Rekomendasi konsumsi susu UHT untuk balita untuk memenuhi kebutuhan kalsium adalah 400 – 600 ml per hari, batas maksimal yang dianjurkan adalah 720 ml per hari"
 – dr. Yoga

Satu gelas belimbing yaitu 250 ml


Lalu benarkah kandungan dalam susu yang berlebihan dan tidak terpakai akan mengendap dalam tubuh dan mengganggu proses metabolisme tubuh di masa yang akan datang? 

   Untuk diketahui, dalam proses penyerapan makanan di usus, tidak ada makanan yang diserap secara sempurna, selalu ada bagian yang tidak diserap termasuk dari susu yang kemudian akan dibuang sebagai kotoran oleh usus. Usus sendiri merupakan organ yang sangat aktif, selalu memperbaharui lapisan luarnya setiap hari. Sementara metabolisme adalah proses perubahan zat gizi yang telah diserap tubuh untuk menghasilkan energi atau dibentuk menjadi sesuatu yang berguna di tubuh. Sayang tidak disebutkan apa yang mengendap dan di mana pengendapan terjadi sehingga saya sulit memberi penjelasan lebih lanjut. Sampai saat ini asosiasi dokter anak di berbagai belahan dunia masih menganjurkan pemberian susu untuk anak, terutama untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya. – dr. Yoga

Kenapa susu sapi hanya boleh dikonsumsi oleh anak di atas usia 1 tahun?
                                                 
Susu Balita
 Susu sapi whole milk, atau susu sapi yang tidak dimodifikasi komposisinya menyerupai ASI – di mana kadar natrium dan proteinnya lebih tinggi dibanding ASI dan Sufor. Baik susu UHT full cream, non-fat and low-fat, dalam pengonsumsiannya diperlukan fungsi ginjal yang telah sempurna seperti dewasa. Pada anak usia mulai 1 tahun, fungsi ginjal sudah matang menyerupai fungsi ginjal orang dewasa. Dengan ini susu UHT bisa dikonsumsi anak usia 1 tahun, di mana ginjal sudah dapat membuang sisa metabolisme: kelebihan protein dan natrium di dalam tubuh.


Sekarang banyak susu dengan varian rasa. Apakah ini baik dikonsumsi?

    Susu varian rasa mengandung gula tambahan. Selama dikonsumsi dalam batas wajar (400-600 ml) tidak apa apa, karena kandungan gulanya masih dalam batas yang diperbolehkan. Bila ia bisa mengonsumsi susu plain lebih baik. Karies gigi memang berhubungan dengan konsumsi gula, namun bila gigi dibersihkan secara teratur tidak akan terjadi karies. Jadi yang terpenting adalah menjaga kebersihan rongga mulutnya. – dr. Yoga




Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Produk_susu 
http://id.wikipedia.org/wiki/Laktosa 
http://id.wikipedia.org/wiki/Susu_bubuk http://intisari-online.com/read/jenis-susu-yang-perlu-anda-tahu http://gladiol84.wordpress.com/goresan-pena/kesehatan-2/susu-uht-atau-susu-formula/
http://mommiesdaily.com/2013/12/24/yang-harus-diketahui-tentang-susu-uht/ http://rahmathidayat.tumblr.com/post/10435483325/alasan-gue-kenapa-ga-jadi-kasih-susu-uht-sama-anak


Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

8 comments

  1. boleh mampir di blog saya :)
    agrarisindonesia.wordpress.com
    daftarmerkcat.wordpress.com
    terlengkapdanterpercaya.wordpress.com
    https://timbanganlengkap.wordpress.com/2015/09/21/2/
    https://daftarmerkcat.wordpress.com/2015/10/08/thinner-murah-berkualitas/
    https://distributormakanansehatblog.wordpress.com/2015/10/08/supplier-makanan/
    https://distributormakanansehatblog.wordpress.com/2015/10/08/susu/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejarah tentang lampu... Bagus.. terus kembangkan blog nya :)

      Delete
  2. Lalu, jenis susu apa yang bagus untuk di frothing ??
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu merk..
      greenfields, diamond, dll

      Delete
    2. Sangat bermanfaat mas. Terima kasih
      Jika ingin belajar latte art dengan slow motion video oleh barista profesional bisa lihat di sini.
      https://www.youtube.com/watch?v=-yfPu4mhcMw

      Delete
  3. Susu apa yg bagus untuk meninggikan tubuh ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba tanya DOkter yang bersangkutan.. klo masalah itu saya kurang paham. Karna setiap metabolisme tubuh seseorang berbeda beda

      Delete
  4. Sangat bermanfaat mas. Terima kasih
    Jika ingin belajar latte art dengan slow motion video oleh barista profesional bisa lihat di sini.
    https://www.youtube.com/watch?v=-yfPu4mhcMw

    ReplyDelete

Let's Share My Friend's